Indonesia Konsumsi Mikroplastik Tertinggi di Dunia! Ini 5 Sumber Mikroplastik Terbanyak
Sumber: canva.com/doble-d

Health / 11 September 2024

Kalangan Sendiri

Indonesia Konsumsi Mikroplastik Tertinggi di Dunia! Ini 5 Sumber Mikroplastik Terbanyak

Claudia Jessica Official Writer
398

Indonesia kini mencatat rekor sebagai negara dengan konsumsi mikroplastik tertinggi di dunia. Mikroplastik telah menyusup ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, bahkan tanpa disadari, mikroplastik hadir dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science & Technology mengungkapkan bahwa Indonesia berada di peringkat teratas dalam hal konsumsi mikroplastik.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Cornell University, AS, ini memetakan penyerapan mikroplastik oleh manusia di 109 negara dari tahun 1990 hingga 2018. Hasilnya menunjukkan bahwa penduduk Indonesia mengonsumsi sekitar 15 gram mikroplastik per bulan, sebagian besar berasal dari makanan laut.

 

 

BACA JUGA: Suka Beli Kopi Panas? Waspadai Penggunaan Wadah Plastik

 

Studi ini menyoroti bahwa konsumsi mikroplastik di Indonesia didorong oleh pencemaran plastik yang sangat tinggi di perairan, terutama di garis pantai utama yang banyak terpapar polusi.

Menurut peneliti, pengurangan sampah plastik sebesar 90 persen di perairan Indonesia, dapat secara signifikan menurunkan paparan mikroplastik hingga hampir setengahnya, seperti yang juga diharapkan di negara-negara maju dan kawasan industri lainnya.

 

Dampak Konsumsi Mikroplastik terhadap Kesehatan

Ketika manusia mengkonsumsi mikroplastik dalam jumlah besar, ada berbagai risiko kesehatan yang mengintainya.

Meskipun penelitian tentang dampak jangka panjang mikroplastik masih terus berlangsung, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mikroplastik dapat menyebabkan inflamasi dan gangguan sistem imun.

 

 

BACA JUGA: Ditemukan Mikroplastik di Jantung Manusia? Bahayakah bagi Kesehatan Manusia?

 

Selain itu, partikel plastik ini bisa mengandung zat kimia berbahaya yang terikat pada permukaan plastik, yang berpotensi masuk ke tubuh manusia dan menimbulkan efek toksik.

 

5 Sumber Mikroplastik Terbanyak yang Harus Dihindari →

Sumber : kompas.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami